Saturday, January 31, 2015

Bicarakan Ini Dengan Pasangan Sebelum Kamu Menikah

Menikah, merupakan hal-hal yang banyak dinantikan banyak orang, namun, banyak pula yang memutuskan untuk menikah tanpa mengetahui ilmu pernikahan tersebut.

Sama seperti menjadi orangtua dan menjadi sebagai seorang suami dan seorang istri, sebagai seorang muslim, diajarkan dari dasar bagaimana untuk menjadi seorang suami idaman, contohlah Rasulullah dalam memperlakukan Istri-istrinya, untuk menjadi seorang Istri idaman, contohlah wanita-wanita yang ada ditulis namanya didalam Al-qur’an dan ambillah kebaikan daripada mereka.



Yang ingin saya bahas disini adalah, tentang masalah yang akan terjadi didalam kehidupan kamu dan pasangan setelah menikah.

1. Bicarakan pada pasangan kamu, tentang hutang piutang pribadi, dan buatlah perjanjian, kamu akan membayarnya sendiri, atau kamu meminta bantuan pada pasangan untuk melunasi hutang tersebut.

2. Katakan pada pasangan kamu, bahwa ini masalah kalian berdua, bukan masalah kamu, dia dan orangtua nya.

3. Sebutkan berapa persis nominal hutang ataupun piutang yang sedang kamu hadapi, jangan ada dusta diantara kalian, karna ini adlah masalah yang sangat fatal.

4. Jangan biarkan banyak orang tahu tentang masalah hutang piutang yang sedang kalian hadapi sebagai sepasang pengantin baru, ada kalanya, mereka yang sepertinya bisa kita percaya menjadi seseorang yang tak bisa kita percayai jika sudah berkumpul dengan temanya, carilah teman bicara, yang benar-benar mengenal kamu, dan kalau bisa mereka yang tak banyak bicara dengan orang lain,,
usahakan jangan keluarga dan jangan orangtua kalian berdua, jika masih mampu membayarnya berdua :)

5. Buatlah komitmen diantara kalian berdua untuk tidak melarang pasangan bekerja, dan mempercayai pasangan kamu jika bisa membantu perekonomian keluarga dan membantu membayar hutang tersebut. Suami memang kepala keluarga, pencari nafkah, namun ketika seorang istri memiliki skil untuk mencari uang (Bidan misalnya) Izinkanlah istri kamu untuk membantu perekonomian keluarga, tidak hilang marwah suami, jika istri juga membantu mencari uang untuk keluarga juga, buanglah ego kalian wahai pria!

6. Usahakan kalian berdua untuk tidak lagi menambah beban hutang yang sudah ada, tutuplah satu persatu hutang yang sudah eksis, jangan malah membuka kembali hutang hutang baru dimana-mana!

7. Jalan terakhir, Jika gaji kamu dan gaji pasangan tak  cukup untuk menutupi semua hutang kalian, maka mintalah bantuan pada orangtua salah satu diantara kamu dan pasangan, setelah berusaha, berdoa dan masih saja tidak tertutpi hutangnya, mintalah bantuan mereka, itu adalah satu-satunya jalan terang untuk kalian.

8.Jangan memulai untuk berhutang sebelum menikah, ubahlah gaya hidup anda, berhutang hanya membuat kamu tak nyenyak tidur, tak enak makan, dan mampu menikmati hidup kamu.

9. Hiduplah sederhana tanpa harus mengikuti apa yang sedang in, tak memiliki barang branded tak mati bukan? :)

10. Hutang yang saya maksud disini, kartu kredit dan hutang pinjaman cash, demi tas branded, demi kosmetika mahal, demi dipandang orang, demi judi, demi wanita, dan demi dipandang royal oleh orang lain.


Hiduplah berkecukupan, 
jangan berlebihan, jangan memaksakan..!!!


tulisan ini juga pernah diposting di sini

No comments:

Curhat nya Pengamat Media Sosial

Saya mengamati banyak hal, selain tentang buku-buku nya Ika Natassa yang akan dijadikan film, nama teman-teman yang berubah menjadi nama...