Wednesday, November 03, 2010

Makanan Untuk Mencerdasarkan Anak



Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan cerdas. Makanan yang di konsumsi merupakan salah satu faktor terpenting untuk mencerdaskan anak. Orang tua juga harus jeli dalam memilih makanan agar anaknya tumbuh menjadi anak cerdas. Kecukupan nutrisi untuk anak-anak di yakini dapat membuat anak anda cerdas.


Sebagai contoh, ikan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang sangat penting untuk pertumbuhan otak anak. Makanan-makanan ini dijuluki sebagai Brain Food yang diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi berfikir pada anak.

Berikut 10 makanan untuk meningkatkan kecerdasan anak kita.

1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Kacang-kacangan

“Kacang tanah merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E dan thiamain membantu otak dalam memenuhi kebutuhan energi.

4. Gandum murni

Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oat/Oatmeal

Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh. Oat menyediakan kebutuhan energi pada otak anak.

6. Berry ( Strawberry )

Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

7. Sayuran Berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

8. Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

9. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan energi yang tinggi serta mengandung zat besi yang tinggi. Ini akan membantu anak untuk tetap berenergi setiap hari dan lebih berkonsentrasi disekolah.

Yang menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana dengan saudara-saudara kita yang tidak memiliki kondisi ekonomi yang baik ?. 
Saran saya carilah dan konsumsi makanan pengganti yang setara nilai gizinya seperti yang diatas.

Dari Berbagai Sumber

No comments:

Curhat nya Pengamat Media Sosial

Saya mengamati banyak hal, selain tentang buku-buku nya Ika Natassa yang akan dijadikan film, nama teman-teman yang berubah menjadi nama...