Wednesday, November 03, 2010

5 Cara Cerdas Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Satu hal dalam hidup ini yang tidak pernah berkurang adalah usia. Sejatinya manusia terus bertambah  usianya sebelum ajal menjemputnya. Tetapi sadar atau tidak semakin tinggi usia semakin berkurang daya tahan tubuh kita.  Begitu pula dengan kerja otak manusia dan akibatnya banyak sekali metabolism dalam tubuh yang tidak lagi bekerja optimal, salah satunya adalah daya ingat atau biasa kita kenal dengan pikun.

Pikun atau berkurangnya daya ingat merupakan sindrom yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, karena sindrom ini dapat menghapus seluruh ingatannya secara perlahan-lahan. Saya yakin tidak satu pun dari kita yang mau hal itu terjadi.



Tetapi, menurut sumber yang saya baca di liputan6.com ada beberapa cara yang dapat meningkatkan daya ingat kita dan beberapa cara ini dapat menghindari kita dari sindrom yang akan menganggu fungi otak anda dalam menyimpan memori.


Berikut 5 cara efektif dalam meningkatkan daya ingat kita.


a.  Mengunyah permen karet
Jurnal kesehatan Apetite mengemukakan bahwa dengan mengunyah permen karet dapat membantu pelajar dalam menyerap pengetahuan dan daya ingat. Hal ini karena meningkatnya kerja denyut jantung yang akan memperlancar aliran darah ke otak kita.




b. Olahraga secara teratur. 
Olah ragalah secara rutin, karena olah raga yang teratur sangat baik untuk kinerja otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.




c. Maksimalkan tidur siang
Pastikan maksimal waktu tidur siang anda adalah 45 menit. Dan itu sudah cukup bagi otak untuk menyimpan memori dengan baik.




d.  Kafein. 
Efek kafein bagi tubuh sampai saat ini masih menjadi perdebatan dalam dunia kesehatan. Beberapa ahli berpendapat bahwa menkonsumsi kafein baik bagi tubuh sedangkan yang lainnya menolak pernyataan tersebut. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan 5 tahun terakhir, kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek, melindungi wanita lanjut usia dari serangan pikun dan bahkan membantu pemulihan seseorang setelah terserang sindrom Alzheimer.




e. Alkohol.
Walaupun memiliki efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat meningkatkan memori dan bahkan dapat membantu mencegah kepikunan. Sumber : liputan6.com.
So tunggu apalagi segera terapkan beberapa hal diatas untuk dapat meningkatkan daya ingat anda.

No comments:

Curhat nya Pengamat Media Sosial

Saya mengamati banyak hal, selain tentang buku-buku nya Ika Natassa yang akan dijadikan film, nama teman-teman yang berubah menjadi nama...