Wednesday, October 08, 2014

Tidak ada perayaan 7 bulanan dalam Islam





Proses kehamilan manusia menurut Al Quran adalah
sbb :

“Dan sesungguhnya
Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu
Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu
Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu
Kami bungkus dengan daging.
Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain.
Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.”

(QS.Al Mu’minun 12-14).


Arti ayat di atas menjelaskan bagaimana proses terjadinya manusia dalam kandungan sang ibu dalam
proses kehamilan.

Abu Adurrahman Abdullah bin Mas’ud ra berkata, Rasulullah bersabda kepada kami, sedang beliau adalah orang yang jujur dan terpercaya.

“Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan ciptaannya dalam rahim ibunya,
selama 40 hari berupa nutfah (air mani yang kental)
lalu menjadi alaqah (segumpal darah) selama itu pula (40 hari),
lalu menjadi mudghah (segumpal daging) selama itu pula (40 hari),
kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya
dan mencatat 4 (empat) hal yang telah ditentukan,
yakni:
Rezeki, Ajal, Amal dan Sengsara atau Bahagianya.
Demi Allah, Dzat yang tiada tuhan selain Dia,
sesungguhnya setiap kalian ada yang beramal dengan amalan penghuni surga hingga jarak antara dia dengan surga hanya sehasta (dari siku sampai ke ujung jari),
Lalu suratan takdir mendahuluinya, sehingga ia beramal dengan amalan ahli neraka,
maka ia pun masuk neraka.
Ada juga diantara kalian yang beramal dengan amalan penghuni neraka hingga jarak antara dia dan neraka hanya sehasta. Lalu suratan takdir mendahuluinya,
sehingga ia beramal dengan amalan ahli surga maka ia pun masuk surga.”
(H.R Bukhari dan Muslim)


Jauh sebelum ilmu kedokteran menemukan tentang tahapan perkembangan janin, islam sudah menjelaskan tahapan-tahapan itu dengan hadits diatas.

Hadits tersebut di atas menjelaskan proses kejadian manusia:
40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental,
40 hari kedua menjadi ‘alaqah atau segumpal daging,
40 hari ketiga menjadi mudhghah atau segumpal daging.
Proses di atas apabila dihitung berdasarkan bulan sama dengan 4 bulan atau 120 hari. 

Dan pada bulan ke-4 seperti itu Allah Swt mengutus malaikat guna meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya.Dan momen ini seringkali diperingati oleh masyarakat Islam dengan sebutan 4 bulanan.

Biasanya 4 Bulanan dilakukan Sebagai tanda syukur seorang hamba kepada tuhannya, Allah Swt yang telah memberikan anugerah dengan memberikan amanah berupa seorang buah hati, anak.

Dan ketika melaksanakan syukuran 4 bulanan diisi dengan cara peringatan yang baik, dengan membacakan ayat - ayat suci Alquran, lebih baik lagi jika ayat yang dibacakan adalah surah Luqman (QS.31) yang berkisah tentang pendidikan tujuannya tentu saja mengambil ibrah (pelajaran) dari isi ayat surat tersebut.

Khususnya ayat 12 hingga 19 yang berkisah tentang seorang ayah yang bernama Luqman kepada anaknya dengan pendidikan aqidah atau keimanan, pendidikan ibadah, serta pendidikan akhlak.
Dan senantiasa memanjatkan doa yang baik untuk masa depan anak kita. Salah satu contoh do'a yang baik seperti dibawah ini:

Yaa Allah.. Tiupkanlah Ruh dalam janinku Berikanlah takdir, rejeki, nasib, jodoh, dan kehidupan yang baik utk anakku Berikanlah kesempurnaan dlm perkembangan janinku, Berikan kesehatan yang sempurna, Angkat penyakit apabila ada penyakit didalam tubuhnya Berikan kesempurnaan fisik dan mentalnya Berikan kemudahan dan kelancaran untuk lahir keduniaMu ini Yaa Rabb..

Yaa Allah.. Jadikan anakku anak yang sholeh/sholehah Berikan kecerdasan hati dan pikirannya Jadikan dia anak yang disenangi orang2 disekelilingnya Jadikan dia pelipur laraku dan penghibur jiwaku Jadikan dia anak yang lucu dan menggemaskan bagi semua orang Jadikan dia anak yang berkembang dengan berbagai prestasi yang cemerlang Jadikan dia anak kebanggaan keluarga kami Jadikan dia anak yang mudah menerima ilmu islam dan mengamalkannya sedari kecil Jadikan dia manusia ahli ibadah, ahli sholat, ahli qur'an, ahli hadist, ahli zakat, ahli sedekah, ahli silaturahim, ahli puasa dan selalu menebarkan kebaikan..

Yaa Allah.. Berikan dia kemudahan menjalani hidup Berikan dia kelancaran dalam setiap urusannya Berikan dia keberkahan dalam rezekinya yang halal Berikan dia jalan yang lurus dalam setiap langkahnya Berikan dia rahmat dan hidayahmu selalu Berikan dia tempat dan lingkungan yang baik yang selalu mengajarkan dan mengajak kebaikan pada dirinya. Berikan dia pendidikan terbaik, pekerjaan yang baik dan kesuksesan yang baik.. Berikan dia kehidupan yang layak Berikan dia jodoh yang terbaik bagi anak cucunya kelak baik di dunia dan akhirat. Berikan dia keturunan2 yang baik yang sholeh dan sholehah Berikan dia umur yang maslahat Berikan dia takdir yang baik, kehidupan yang baik dan maut yang baik dalam keadaan khusnul khatimah dan kembali padaMu dalam keadaan suci saat dia dilahirkan..
Aamiin ya Rabbal alamin

Didalam Islam tidak ada yang namanya 7 atau 4 Bulanan apalagi melakukan ritual atau peringatan yang jauh dari nilai-nilai keislaman semisal mandi kembang tujuh rupa atau membuat rujak yang ditukar dengan uang dari genting meskipun untuk tujuan simbolik.

Acara syukuran 4 bulanan ini hanya rasa syukur karna janin didalam kandungan si Ibu telah diberikan ruh.

Tidak ada dalil Quran dan hadits yang membahas secara khusus tentang acara selamatan bagi orang hamil pada bulan keempat atau ketujuh, baik yang mengharamkan atau menghalalkan acara tersebut.

Oleh karena itu, maka dalam soal muamalah seperti ini, hukumnya kembali pada hukum asal dalam kaidah fiqih yaitu hukum asal dari segala sesuatu adalah boleh kecuali ada dalil yang mengharamkannya (الأصل في الأشياء الإباحة حتي يدل الدليل علي تحريمه). Ini sama dengan hukum tahlil, syukuran, dsb. Ini artinya, acara empat atau tujuh bulanan bagi wanita hamil itu sama dengan acara kumpul-kumpul biasa.

Wallahu a’lam

No comments:

Curhat nya Pengamat Media Sosial

Saya mengamati banyak hal, selain tentang buku-buku nya Ika Natassa yang akan dijadikan film, nama teman-teman yang berubah menjadi nama...